Senin, 14 Maret 2016

Kue Brownies ini Cuma Bisa Didapat di Penghulu

foto

Makin maraknya penetrasi ponsel pintar dimanfaatkan betul oleh Patria Prima Putra untuk mengembangkan bisnisnya. Hampir setahun sudah ia bersama rekannya, Awalinda Bestari, terjun ke bisnis cemilan bernama Brownies Manten.

Hebatnya, kurang dari setahun penjualannya sudah menyentuh angka 50 ribu bungkus per bulan. Memasuki tahun ini, pria berusia 21 tahun itu kini punya cara baru berinovasi memasarkan produknya.

Ia mempraktekkan sistem distribusi dengan aplikasi Android dan IOS yang bisa diunduh di Playstore, Google Play, maupun di browniesmanten.co.id. Langkah ini ia klaim sebagai yang pertama di Indonesia di industri cemilan.

Aplikasi tersebut memudahkan calon pembeli mendeteksi reseller dan distributor terdekat. Jadi tidak perlu repot mencari kontak distributor lagi, ujarnya ketika berbincang dengan SWA Online.

Meski begitu ia mengatakan untuk saat ini aplikasi tersebut belum berfungsi optimal, alias masih dalam pengembangan. Butuh beberapa tahap lagi untuk dilakukan penyesuaian, hingga nantinya memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Tapi saat ini sudah bisa diunduh, sebentar lagi akan berjalan optimal, ujarnya Ide awal pembuatan aplikasi ia ceritakan untuk melakukan manajemen stok barang dan juga pemantauan distributor dan reseller.

Saat ini, penyebaran Brownies Manten sudah sedemikian agresif hingga diperlukan sebuah sistem yang canggih. Bayangkan saja saat ini Brownies Manten telah memiliki lebih dari 100 orang distributor yang disebut KUA.

KUA ini hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Ambon. Selain KUA, Brownies manten juga punya ribuan reseller yang disebut sebagai Penghulu. Uniknya penjualan Brownies Manten dilakukan dengan sistem Pre-order.

Artiannya calon pembeli, atau calon manten pertama-tama harus memesan dan membayar terlebih dahulu produk tersebut ke Penghulu. Nantinya Penghulu baru meneruskan pesanan ke KUA untuk dibuatkan sesuai pesananan.

Maka tak heran bila antreannya lama. Butuh waktu 2 minggu hingga 1 bulan bagi calon manten mendapatkan Brownies Manten. Namun ia berdalih waktu tunggu tersebut worth it atau setimpal.

Produk brownies yang dijual, ia katakan tidak seperti Brownies kebanyakan. Brownies Manten, ia ceritakan menghadirkan sensasi pengalaman bagi para manten. Kemasan yang dipesan manten bisa dipersonalisasi dengan pesan-pesan romantis untuk orang tersayang. Cara Membuat Brownies Kukus

Tampilan kemasan pun dibuat modern dan masa kini. Brownies ini ia klaim cocok sebagai ungkapan perasaan maupun hadiah kepada orang yang disayangi.

Tak cuma itu, brownies ini ia sebut punya tekstur yang berbeda dengan brownies lain yang biasanya punya tekstur bantet. Bila dilihat sekilas Brownies Manten lebih keliatan seperti cookies ketimbang brownies.

Brownies kering ini, ia sebutkan, merupakan jenis brownies rendah lemak dan kolesterol. "Pembuatannya dilakukan tanpa unsur tepung-tepungan dan mentega. Jadi aman buat mereka yang takut gemuk," ujarnya.

Saat ini rata-rata harga Brownies Manten dijual di kisaran rata-rata Rp 20 ribu tergantung lokasi pembelian. Dalam sistem kerja sama dengan KUA dan para penghulu, Brownies manten menawarkan margin di kisaran dua digit.

Selain itu berbagai promo disediakan untuk menggenjot penjualan seperti reward penjualan untuk penghulu yang hadiahnya bermacam-macam dari ponsel, motor, trip liburan ke luar negeri hingga mobil.

Kue Brownies ini Cuma Bisa Didapat di Penghulu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Waone Setya

0 komentar:

Posting Komentar